Monday, July 23, 2012

Hati-Hati Memakai Software Ilegal



Bagi anda yang menggunakan komputer pribadi untuk digunakan sendiri tentunya sudah terbiasa dengan instalasi software pada komputer anda. Anda tidak perlu terlalu khawatir dalam meggunakan atau memasang software, Karena legalitas software bukanlah sesuatu yang perlu anda perhitungkan. Sebab tidak ada yang memantau kegiatan komputer anda.



Namun berbeda halnya apabila komputer tersebut adalah milik perusahaan yang dipakai bersama-sama pengguna lainnya. Atau meskipun anda adalah pengguna tunggal untuk komputer di kantor. Manajemen software tetap harus diperhatikan. Karena perusahaan adalah kegiatan usaha yang menghasilkan uang dari penggunaan software. Maka legalitas software adalah isu utama yang harus diperhatikan.

Sebelumnya saya tidak terlalu memperhatikan masalah legalitas. Hingga sebuah pengalaman menjadikan saya harus lebih berhati-hati dalam memilih software untuk PC di kantor. Pada suatu ketika perusahaan kami terkena razia software ilegal dari pihak kepolisian. Dengan tuntutan yang luar biasa.

Semenjak kejadian itu, perusahaan kami mulai selektif dalam instalasi software. Sebagai IT Administrator, saya juga harus ekstra ketat mengawasi apa saja yang terpasang pada komputer di kantor. Karena terkadang ada karyawan yang tidak terlalu paham dengan legalitas software sehingga dengan seenaknya menginstall software bajakan pada komputer mereka.

Solusi terbaik untuk perusahaan kelas menengah yang rasanya terlalu berat untuk investasi software, maka saya sarankan sebaiknya anda menggunakan open source. Saat ini sudah banyak software gratis yang memiliki kemampuan lebih baik daripada software berbayar.

Anda bisa menggunakan Ubuntu Linux sebagai sistem operasi daripada memaksakan diri menggunakan Windows XP atau Windows 7 bajakan. Dan Open Office sebagai pengganti Microsoft Office. Saya rasa tidak ada kekurangan dari software open source. Mungkin masalahnya hanyalah pada kebiasaan. Karena kita sudah terlanjur familiar menggunakan software keluaran Microsoft.

Namun kalau kita mau sedikit berusaha dan belajar. Lama kelamaan kita juga akan terbiasa. Seperti halnya ketika kita pertama kali mengenal Blackberry, Android, atau Mac OS. Atau bahkan ketika pertama kali menggunakan Windows.

Jika anda pengguna software ilegal, sebaiknya tinggalkanlah kebiasaan itu mulai sekarang. Karena anda tidak pernah tahu kapan nasib buruk menimpa.

Picture is courtesy of technorati.com

Filled Under:

0 comments:

Post a Comment