Sunday, September 23, 2012

Beberapa Cara Meningkatkan Pendapatan Adsense



Mungkin bagi para publisher adsense sudah cukup bosan membaca artikel seperti ini. Namun tidak ada salahnya kita mengevaluasi kembali atau setidaknya mengingat kembali bagaimana kita bersusah payah membangun bisnis adsense.

Ada banyak cara meningkatkan pendapatan dari adsense. Mulai dari tata letak penempatan iklan, target visitor atau tehnik SEO lainnya. Saya akan membahas beberapa cara yang cukup efektif yang saya dapatkan dari berbagai forum juga tutorial adsense di internet.

1. Content

Ingat, pengunjung mendatangi blog anda karena isinya. Blog anda akan bernilai tinggi jika pengunjung menemukan blog anda melalui Search Engine, kemudian berapa lama mereka membuka blog anda lalu kembali lagi kemudian waktu. Jika pengunjung datang melalui Search Engine artinya blog anda memiliki rangking yang baik pada web portal seperti Google, Yahoo atau Bing. Blog anda bisa mendapatkan rangking yang baik karena artikel pada blog anda sangat relevan dengan kata kunci pengunjung. Memang semua itu bisa anda pelajari melalui trik-trik SEO yang saya rasa cukup panjang untuk dijelaskan di sini.

Saran : Secara sederhana saya ingin mengatakan buatlah artikel sebanyak mungkin pada blog anda dengan topik yang saling berkaitan (niche). "Buatlah" bukan copy paste dari blog orang lain.

2. Layout

Perbaiki tata letak blog anda. Selama ini saya berpikir bahwa blog dengan banyak aksesoris akan terlihat keren. Hampir semua blog saya (dulu) menggunakan widget, animasi flash atau pop up. Memang awalnya saya menikmati hal itu, namun kenyataannya trafik pengunjung blog-blog saya mulai menurun. Loading time yang lama, animasi yang mengganggu artikel. Juga pop up yang menyebalkan menghambat pengunjung saat membuka artikel. Saya lupa akan tujuan blog yang sebenarnya. Ternyata blog yang sederhana lebih disukai pengunjung, karena mereka membuka blog anda untuk melihat isi atau artikel blog anda. Bukan untuk menonton animasi flash.

Saran : Buatlah blog anda menjadi mudah dibaca. Buang widget atau plugin yang tidak penting untuk mempercepat waktu loading.

3. Jumlah Iklan

Penempatan iklan ternyata sangat berpengaruh pada pendapatan blog. Sebelumnya saya selalu menempatkan iklan sebanyak mungkin pada blog saya. Dengan harapan semakin banyak iklan yang muncul, maka akan semakin besar kesempatan saya mendapatkan klik dari pengunjung. Ternyata saya salah. Para pengguna internet saat ini sudah berevolusi, sudah semakin pandai membedakan iklan dan isi artikel. Jika anda mendapatkan klik, artinya mereka memang benar-benar tertarik pada iklan yang ada. Bukan karena tidak sengaja. Akhirnya saya mencoba sederhana, memasang iklan seadanya dan tidak mengganggu kenyaman pengunjung. Ternyata hal tersebut sangat efektif. CTR adsense saya meningkat karena tingginya kompetisi dari nilai iklan yang ada. Sebab saya hanya menyediakan 2 space pada blog saya untuk iklan.

Picture is courtesy of leciku.blogspot.com

Filled Under:

4 comments:

  1. Wahhh... Tips tentang cara meningkatkan pendapatan Adsense ini sangat lengkap
    Kayaknya saya harus coba.
    Siapa tau tips ini manjur buat saya.
    Terima kasih telah sharing dan salam kenal.

    ReplyDelete
  2. Salam kenal kembali. Terima kasih sudah berkunjung.

    ReplyDelete
  3. mantap tipsnya gan, perlu dicoba nih...

    ReplyDelete
  4. Thanks meant for sharing this type of satisfying opinion, written piece is fastidious, that’s why I’ve read it completely.
    Websites Auckland

    ReplyDelete